Ingin Berlibur lebih Terkesan? Berikut Daftar Tempat Rekreasi Terkenal di Bandungan Semarang. Object Rekreasi Alam Terkini, Modern dan Paling Hits untuk Ditelusuri Saat Berlibur dan Akhir Minggu.

Semarang terhitung salah satunya kota yang memikat didatangi, karena Anda dapat mendapati beberapa tujuan rekreasi unik untuk didatangi di wilayah Bandungan. Teritori satu ini menyajikan daya tarik alam yang pas dijadikan tempat bersihkan mata sesaat dari hingar-bingar perkotaan, hingga tidak ada ruginya jadikan Bandungan sebagai arah liburan seterusnya.

Datangkan situasi sejuk ciri khas pegunungan dengan daya tarik memikat, siapa saja berasa kerasan ada disitu. Berikut jejeran tempat rekreasi terbaik di Bandungan Semarang yang dapat Anda tentukan saat berlibur.

1. Gunung Ungaran

Gunung masih menjadi satu diantara tujuan rekreasi alam yang memikat didatangi, satu diantaranya Gunung Ungaran yang ada di teritori Bandungan. Tujuan rekreasi satu ini pas didatangi oleh pendaki pemula, karena gunung tidak begitu tinggi dan mempunyai medan yang gampang dikalahkan. Lumrah saja bila banyak pendaki pemula yang tertarik mengalahkannya.

Meski memiliki ketinggian yang tidak seberapa jika dibandingkan dengan gunung lainnya, namun sajian pemandangan yang disuguhkan sudah berhasil membuat mata berbinar binar melihatnya. Sebenarnya lokasi wisata satu ini cukup dekat dengan perkotaan, namun Anda bisa merasakan tiupan angin dingin yang menerjang kulit.

Berlokasi dekat dengan kota Semarang membuatnya memiliki keistimewaan tersendiri, yang tentunya tidak dimiliki oleh gunung lainnya. Pasalnya wisatawan dapat menyaksikan pemandangan khas perkotaan di puncak gunungnya, sembari menikmati langit malam yang semakin gelap namun tidak melunturkan kecantikannya.

2. Curug 7 Bidadari

Siapa yang tidak mengenal dengan Curug 7 Bidadari ? Destinasi wisata alam populer satu ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan setiap harinya, namun cenderung mengalami lonjakan pengunjung terutama jika masa libur panjang tiba. Bahkan namanya sudah tidak asing terdengar hingga ke pelosok wilayah lainnya, yang menandakan bahwa keindahannya tidak perlu ditanyakan kembali.

Sesuai dengan pemberian namanya, pasalnya wisatawan akan disuguhkan dengan pesona memukau dari kehadiran 7 air terjun berukuran berbeda. Curug satu ini cukup unik, karena wisatawan dapat melihat 3 tingkatan yang dilengkapi dengan 7 air terjun dan 7 kolam yang semuanya terbentuk secara alami tanpa ada campur tangan manusia.

Sebelum menyaksikan keindahannya dari dekat, wisatawan harus rela berjalan kaki selama beberapa menit terlebih dahulu. Pemandangan asri khas perbukitan yang dihiasi dengan hutan rimbun seakan menemani perjalanan Anda. Rasa letih karena banyaknya rintangan yang harus dilewati seakan terbayarkan ketika sampai di kawasan utama air terjunnya.

3. Umbul Sidomukti

Sesampainya di kawasan Bandungan, jangan pernah lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Umbul Sidomukti. Pasalnya wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan alam yang hingga kini masih terjaga dengan baik semata, namun destinasi wisata populer ini menyuguhkan tempat rekreasi komplit yang siap memanjakan para pengunjungnya.

Siapapun yang berkunjung kesana akan dibuat betah berlama lama, karena adanya fasilitas lengkap demi memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Mulai dari kolam renang, area permainan seru seperti outbound dan camping ground, hingga tempat nongkrong cantik bersama dengan orang terkasih di cafe sambil mencicipi aneka kuliner lezatnya.

Rasa kulinernya terasa semakin lezat ketika menyantapnya sambil memandang alam sekitarnya. Sebab di tempat itu pula, Anda bisa menyaksikan langit senja yang begitu menawan perlahan berubah warna menjadi gelap gulita yang dihiasi bintang bersinar. Sedangkan wisatawan dari jauh bisa memilih menginap di villa atau homestay di sekitar area wisatanya.

Selagi berada di kawasan wisata, sepertinya Anda wajib berenang atau sekedar berendam di kolam renangnya yang berisikan air jernih yang tampak menyegarkan. Lokasinya yang berada di atas ketinggian 1200 mdpl, membuat suasana sekitarnya terasa sejuk dan menenangkan sehingga cocok dijadikan sebagai pelipur lara ketika pikiran sedang kalut.

4. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Bagi Anda yang tertarik berwisata sambil melihat serta mempelajari sejarah, silahkan langsung meluncur ke Candi Gedong Songo sebagai alternatif terbaiknya. Selain menyajikan candi, wisatawan bisa mencuci mata dengan melihat pesona alam sekitarnya yang tidak kalah memukau untuk dinikmati bersama dengan kerabat maupun keluarga tersayang.

Pesona alam yang berpadu dengan pemandangan khas perkotaan berhasil membuat wisatawan merasa betah berada disana. Lokasinya sendiri yang berada di atas ketinggian tertentu, membuat udara di sekitarnya terasa sejuk dan menenangkan. Tidak heran jika destinasi wisata satu ini pun menjadi tempat favorit dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

5. Grojogan Klenting Kuning

Grojogan Klenting Kuning termasuk salah satu destinasi wisata alam di Bandungan yang sayang dilewatkan. Lokasinya sendiri cukup tersembunyi, sehingga masih banyak wisatawan yang belum berkunjung atau bahkan mengetahui keberadaannya. Bak permata yang tersembunyi, pasalnya destinasi wisata ini menyimpan segudang pesona memukau.

Sedikit berbeda dengan wisata curug lainnya, sebab tebing air terjunnya berwarna kekuningan yang justru menjadi daya tarik tersendiri ketika melihatnya. Sedangkan air yang mengalir dari atas ketinggian tersebut sebenarnya mengandung belerang cukup tinggi, namun uniknya wisatawan tidak mencium aroma kurang sedap layaknya belerang pada umumnya.

Berada tidak jauh dari lokasi wisatanya, Anda bisa menemukan 3 curug lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Curug Klenting Biru termasuk air terjun yang paling dekat dan mudah dijangkau wisatawan, sedangkan kawasan Klenting Hijau masih cukup asri dan tertutupi oleh semak belukar seakan menjadi tameng agar tidak sembarang orang masuk ke kawasan wisatanya.

Jika wisata alam tersembunyi umumnya belum dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai bagi kebutuhan para pengunjungnya, maka tidak dengan destinasi wisata unik satu ini. Justru wisatawan dimanjakan dengan berbagai fasilitas memadai meski tampilannya cukup sederhana. Anda juga bisa menemukan sebuah gubuk yang kerap dijadikan tempat beristirahat.

6. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia adalah tempat terbaik bagi mereka yang gemar berburu spot cantik untuk ditambahkan pada galeri foto. Bahkan sejak memasuki kawasan wisatanya, Anda bisa menemukan sejumlah spot foto instagramable yang sayang dilewatkan. Deretan kincir angin yang dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik alami, merupakan spot foto favorit wisatawan.

Tidak berhenti sampai disana, pasalnya wisatawan juga dimanjakan dengan berbagai miniatur yang kerap dijadikan sebagai spot foto ciamik oleh wisatawan. Mulai dari Menara Eiffel, Rumah Hobbit, Patung Merlion Singapura, dan masih banyak lagi miniatur bersejarah lainnya. Ditambah dengan pencahayaan dan angle tepat, maka jepretan fenomenal pun bisa didapatkan.

Layaknya taman pada umumnya, disini pengunjung juga bisa menikmati hamparan aneka jenis bunga cantik yang menghiasi kawasan wisatanya. Kehadiran bunga warna warni tersebut berhasil memancing wisatawan untuk tetap tinggal selama beberapa waktu. Tidak hanya dipandang, pihak pengelola juga menyediakan tanaman yang dapat dijadikan buah tangan.

7. Kampung Kopi Banaran

Kampung Kopi Banaran termasuk salah satu destinasi wisata di daerah Bandungan yang sayang dilewatkan. Seperti namanya, wisatawan dapat menemukan bangunan yang biasa dijadikan sebagai tempat nongkrong sembari menikmati seduhan Banaran Coffee yang merupakan menu favorit di tempat tersebut.

Selain asyik dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama keluarga, karena pihak pengelola juga menambahkan sejumlah wahana seru agar si kecil betah berada disana. Mulai dari kolam renang, taman buah, jelajah kebun menggunakan ATV, dan masih banyak wahana seru lainnya. Apabila tertarik mencoba semua wahananya, silahkan bawa budget lebih banyak sebagai alternatifnya.

8. Pondok Kopi

Pondok Kopi

Selagi menginjakkan kaki di kawasan Sidomukti, jangan lupa mampir ke Pondok Kopi terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Destinasi wisata satu ini cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong favorit bersama dengan sahabat maupun keluarga, karena banyaknya menu kopi yang bisa Anda cicipi.

Rasa sajian kopinya saja sudah sangat lezat, namun rasanya terasa semakin nikmat ketika diseduh selagi hangat sembari menyaksikan pesona alam di sekitarnya yang masih terjaga. Ditambah lagi dengan udara sejuk yang menyapa sejak memasuki kawasan Sidomulyo, seakan membelai wisatawan untuk duduk santai untuk menghilangkan rasa penat di pikiran.