Berikut Daftar Tempat Rekreasi Favorite di Mojokerto, Jawa Timur. Tujuan Rekreasi Terkini, Modern dan Terhits Didatangi Pelancong.

Mojokerto populer akan situs purbakalanya yang sarat dengan nilai riwayat. Tidaklah aneh bila Mojokerto dijadikan salah satunya tujuan rekreasi yang sayang jika dilewati. Untuk masyarakat sekitaran seperti Pasuruan, Malang, Surabaya pasti tidak akan asing dengan beberapa tempat rekreasi yang berada di Mojokerto. Salah satunya sudah menjadi legenda.

Misalnya Situs Trowulan, ada pula Maha Vihara Mojopahit yang menjadi sorotan di beberapa daerah. Dengan Gunung Penanggungan yang pas buat mereka yang menyukai mendaki gunung dengan situasi tenang. Belum juga untuk Anda yang ingin nikmati rekreasi riwayat, datangi museum Sanggahr Gubug Wayang. Secara lengkap, Anda dapat memerhatikan rekomendasi tempat rekreasi di Mojokerto di bawah ini.

1. Fresh Green Trawas

Tempat rekreasi yang pertama ialah Fresh Green Trawas. Tempat rekreasi ini dinamai lain Rekreasi Mendem Duren. Supaya dapat sampai di lokasi, Anda memerlukan waktu sektar 3 jam dari pusat perkotaan Mojokerto. Ide rekreasi ini ialah agrowisata yang bahkan juga jadi jadwal memikat buat dilaksanakan.

Bertempat di Dusun Bantal, Desa Duyung yang diresmikan sejak tahun 2012. Ada berbagai olahan buah durian di kawasan ini yang mana Anda bisa melakukan berbagai kegiatan asik lainnya.

2. Candi Bajang Ratu

Ketika melihatnya sekilas, kemungkinan wisatawan tidak akan menyangka bahwa bangunan yang berada di depan matanya adalah salah satu situs bersejarah bernama Candi Bajang Ratu. Hal ini dikarenakan bentuknya yang tidak menyerupai candi pada umumnya. Dibandingkan dengan bentuk candi, situs bersejarah ini memiliki bentuk bangunan lebih mirip dengan gapura.

Pembangunannya sendiri memiliki tujuan sebagai tempat penghormatan Prabu Jayanegara. Penjelasan terkait tujuan pembangunannya sendiri dapat ditemukan pada bagian kaki gapura relief Sri Tanjung. Di tempat itu pula, Anda bisa melihat gapura dengan atap cukup besar yang terbuat dari batu bata merah. Gaya arsitekturnya yang unik berhasil menjadi daya tarik utamanya.

3. PPLH Seloliman Trawas

Mojokerto memiliki PPLH atau yang merupakan kepanjangan dari Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup. Tempat wisata ini termasuk tempat wisata edukasi yang buka tiap jam 08.00 dan dijadikan sebagai lokasi penelitian tentang lingkungan hidup. Utamanya yang berhubungan dengan pengolahan sampah dan kegiatan lainnya.

PPLH berada di Desa Seloliman, Trawas Mojokerto. Nantinya di tempat ini Anda bisa menemukan fasilitas seperti outbound, restoran, penginapan hingga beberapa fasilitas pendukung lain.

4. Candi Tikus

Candi Tikus termasuk destinasi wisata bersejarah yang hingga kini tetap populer dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Sebelum dialihfungsikan sebagai destinasi wisata, dulunya lokasi tersebut merupakan lokasi pemandian khusus bagi raja. Masyarakat sekitar juga mempercayai bahwa Candi Tikus merupakan tempat pemujaan agama Hindu.

Ketika berjalan jalan di sekitar kawasan wisatanya, Anda bisa menemukan sisa reruntuhan bangunan yang menyerupai puncak Mahameru. Daya tarik utama lain dari Candi Tikus bisa ditemukan di sebuah taman yang berada di kawasan wisatanya. Taman yang berhiaskan aneka tanaman hijau dan rumput segar tersebut seakan memberikan angin sejuk tersendiri.

5. Coban Canggu

Tempat wisata berupa coban ini memiliki aliran air yang begitu jernih dan tentu saja menjadi daya tarik utama. Apalagi bagi mereka yang ingin melepas penat dan menyegarkan pikiran, Coba Canggu adalah wisata tepat. ada ornamen dinding tebing yang unik. Anda bisa menikmati hawa sejuk pegunungan dan lingkungan asri yang bisa memberi efek menenangkan.

Lokasi Coban Canggu ini berada di Desa Padusan, Kecamatan pacet. Harga tiket masuk yang diberlakukan juga cukup terjangkau. Anda bisa menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan.

6. Candi Brahu

Candi Brahu

Candi Brahu tercatat sebagai candi tertua yang ada di Mojokerto. Candi yang memiliki tinggi sekitar 27 meter ini diperkirakan sudah dibangun pada masa pemerintahan Raja Empu Sendok. Selama mengunjungi situs bersejarah tersebut, Anda bisa menemukan jejak dari dua kerajaan besar yang ada di Jawa yaitu Kahuripan dan Majapahit.

Ketika menapakkan kaki di kawasan wisata, jangan heran jika menemukan sesajen menghiasi pintu candinya. Sesajen tersebut dengan sengaja diletakkan disana oleh masyarakat sekitar. Kehadiran beberapa sesajen yang menghiasi pintu candi, semakin memberikan kesan mistis dan menegangkan sejak memasuki kawasan wisatanya.

7. Air Terjun Surodadu

Nama air terjun indah ini adalah Surodadu. Tingginya mencapai sekitar 15 meter dan terbilang baru serta menjadi pelengkap perjalanan wisata Anda di Mojokerto. Sebelum mencapai lokasi, Anda akan menemukan pemandangan alam yang begitu menyejukkan. Bahkan lokasi ini cocok untuk hunting foto.

Lokasi wisata air terjun berada di Dusun Mligi, Desa Claket. Setibanya di lokasi, Anda bisa melihat gemericik air yang lembut dan berada di antara batuan tersusun alami.

8. Museum Trowulan

Museum Trowulan tampaknya wajib masuk ke dalam daftar wisata yang tidak boleh lupa dikunjungi ketika berlibur ke Mojokerto. Museum satu ini menyimpan berbagai prasasti bersejarah dari Kerajaan Majapahit. Setidaknya Anda bisa menyaksikan langsung koleksinya yang mencapai 80 ribu prasasti secara langsung di Museum Trowulan.

9. Pacet Mini Park Mojokerto

Menjadi sebuah taman rekreasi keluarga ini memberi sensasi liburan yang cukup seru. Anda juga bisa melihat pemandangan alam yang terasa asri dan sejuk. Tidak hanya berenang, Anda bisa melihat banyak wahana permainan seperti ATV, bumper boat hingga flying fox. Harga tiket yang dikenakan juga terjangkau.

Pacet Mini Park ini berada di Jalan Raya Mojosari Pacet Km 55. Banyak wisatawan yang datang berkunjung bahkan berasal dari luar kota.

10. Makam Troloyo

Puas menjelajahi destinasi wisata bersejarah, kini saatnya mengunjungi Makam Troloyo. Destinasi wisata religi dan budaya ini diceritakan sebagai tempat peristirahatan terakhir kakek Sunan Ampel yang bernama Syekh Sayyid Muhammad Jumadil. Beliau sendiri dikenal sebagai sosok yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam.

Masih di lokasi wisata yang sama, Anda bisa menemukan makam tokoh penting lainnya. Tempat peristirahatan tersebut merupakan makam Syekh Abdul Qodir Jailani Sini, Syekh Maulana Ibrahim, serta Syekh Maulana Skah. Selain dijadikan sebagai lokasi ziarah, tidak jarang pula lokasi wisata ini dijadikan sebagai tempat melangsungkan upacara budaya.

11. Api Abadi Mojokerto

Ada satu lagi tempat wisata unik yang bisa Anda temukan di Mojokerto. Namanya adalah Api Abadi. Objek ini menarik dikunjungi karena memang berupa nyala api yang tidak pernah padam. Sumber api ini ditemukan di tahun 1993 yang konon dulu sudah menyala sejak di zaman Kerajaan Majapahit.

Untuk sampai di tempat ini, aksesnya cukup mudah karena jaraknya sekitar 3 km saja dari kota Mojokerto. Tepatnya berada di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran.

12. Kolam Segaran

Kolam Segaran

Kolam Segaran merupakan bukti nyata dari kejayaan Kerajaan Majapahit di masa lalu. Kolamnya yang begitu luas, dibuat dari tumpukan batu bata yang hingga kini masih terjaga kekokohannya. Sebelum terkenal seperti sekarang, ternyata kolam ini sempat tertutupi oleh tanah. Namun saat ini Kolam Segaran sudah muncul kembali di permukaan dengan pesona yang tiada duanya.

13. Patung Budha Tidur

Kalau selama ini Anda hanya mengetahui patung Budha tidur di Thailand atau Myanmar, maka tidak perlu jauh-jauh untuk berkunjung ke luar negeri. Anda bisa menemukan Patung Budha Tidur di Mojokerto. Ukurannya mencapai 22 meter untuk panjang dan 6 meter serta 4,5 meter untuk lebar dan tinggi. Patung dengan pose santai ini disebut sebagai terbesar ketiga di dunia.

Nantinya di lokasi wisata, Anda juga bisa melihat bangunan vihara dengan bentuk dan aroma yang begitu khas. Lokasinya berada di Jalan Raya Trowulan , Bejijong.