Ingin berlibur ke Jogja? Berikut referensi tempat rekreasi terkenal di Yogyakarta. Tempat wisata alam bahari terkini, modern, paling indah dan paling hits yang memikat Anda datangi untuk penjelajahan berlibur hebat dan terkesan.

Yogyakarta sering jadi kota yang padat pelancong saat masuk musim liburan. Sesuai namanya, Wilayah Spesial Yogyakarta, kota yang kental dengan tradisi dan nuansa keraton ini jadi benar-benar spesial dimata pengunjung.

Selainnya rekreasi bertopik tradisi, Jogja dikenal juga dengan rekreasi alam budaya, rekreasi berbelanja, dan rekreasi kulineran. Jogja menyajikan beragam daya tarik yang dapat dicicipi semua kelompok. Dari candi, pantai, sampai pusat perbelanjaannya jadi tujuan rekreasi yang memikat.

Penduduk lokalnya yang amat ramah dan biaya hidupnya yang masih murah menambah kesan istimewa dari Jogja. Banyak wisata di Jogja yang bisa dinikmati tanpa merogoh kocek yang mahal pula, bahkan ada yang gratis.

Objek Wisata di Yogyakarta

1. Tugu Jogja

Tugu Pal Putih adalah nama lain dari Tugu Jogja yang banyak terkandung makna dan filosofi pada tugu tersebut. Lokasi Tugu Jogja berada di jalan Jenderal Sudirman dan Margo Utama yang letaknya ada di perempatan jalan yang memiliki simbolis tentang Jogja.

Tugu Jogja sekarang menjadi objek pariwisata yang banyak yang dikunjungi oleh wisatawan rasanya tidak lengkap jika berkunjung ke Jogja tanpa berfoto di tempat ini. Karena sebagian pengunjung luar daerah rasanya tidak lengkap jika tidak mampir ke tempat ini.

2. Alun-Alun Kidul

Alun-alun merupakan ciri khas identitas di tiap kota dan kota Jogja menawarkan pesonanya terutama di saat menjelang malam hari. Alun-alun selalu ramai banyak di padati oleh pengunjung di malam hari dengan kehadiran suasana yang hangat dan kita bisa menikmati kuliner yang di jajakan di sepanjang jalan.

Lokasi Alun-alun Kidul terletak di Selatan kota Jogja tepatnya di Jl. Alun-alun Kidul, kita bisa menikmati suasana khas yang berbeda. Di tempat ini selalu dipadati pengunjung dari warga Jogja sampai luar daerah karena tempatnya yang klasik dan romantis.

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton menjadi salah satu tempat wisata bersejarah di Yogyakarta. Keraton ini tidak lain adalah istana kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang hingga kini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan. Sebagian bangunan dari keraton ini kini beralih fungsi menjadi museum benda-benda antik koleksi kesultanan Yogyakarta.

Di Keraton ini warisan budaya seperti kegiatan upacara adat dan benda-benda kuno lainnya masih sangat dijaga. Banyak wisatawan lokal bahkan wisatawan luar negeri datang ke Keraton Yogyakarta sejak keraton ini dibuka untuk umum. Mengunjungi situs bersejarah yang masih berfungsi seperti sedia kala memang menjadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan.

4. Taman Sari

Di Yogyakarta, memang banyak tempat wisata bersejarah, salah satunya adalah taman sari. Anda bisa menikmati keindahan yang menyenangkan sekaligus mendidik. Dengan adanya bangunan bersejarah ini, pengunjung akan mendapat banyak informasi mengenai kejadian di masa lampau, juga menanamkan kebanggan sebagai seseorang yang mengunjungi peradaban tersebut.

Taman Sari masih menjadi salah satu bangunan milik kesultanan Yogyakarta yang berfungsi sebagai destinasi wisata. Selain dijadikan tempat wisata, Taman Sari kini masih digunakan sebagai ritual keluarga raja. Daya tarik utama di tempat ini adalah bentuk bangunannya yang unik, yaitu ala-ala Portugis-Jawa.

5. Taman Pintar

Taman Pintar adalah salah satu tujuan wisata yang berada di tengah Kota Yogyakarta. Taman ini merupakan perpaduan antara tempat wisata rekreasi dan wisata edukasi. Terdapat beberapa arena bermain sekaligus sarana edukasi yang sangat cocok untuk dikunjungi anak-anak yang sedang dalam masa perkembangan.

6. De Mata Trick Eye Museum

Tempat yang satu ini sedang populer di kalangan wisatawan, yaitu De Mata Trick Eye Museum. Tempat ini merupakan wisata museum tiga dimensi satu-satunya yang ada di Yogyakarta, bahkan di Jawa Tengah. Keunikannya terletak karena kehadiran aneka ragam gambar mulai dari tema alam, tokoh, binatang, olahraga, termasuk objek wisata Tamansari dan pagelaran Keraton Jogja.

Disini terdapat kurang lebih 120 gambar tiga dimensi memenuhi dinding museum yang terletak di Pasar Seni XT-Square, Yogyakarta. Museum ini mulai dibuka pada Desember 2013 dengan diisi gambar-gambar tiga dimensi yang sebagian besar adalah karya dari Petrus Kusuma. Museum ini tidak hanya dijadikan tempat menikmati benda bersejarah, namun juga bisa dijadikan tempat berburu foto yang unik.

7. Pasar Beringharjo

Untuk Anda yang gemar berbelanja dengan harga yang murah meriah, jangan sampai melewatkan sensasi berbelanja di Pasar Beringharjo. Pasar ini adalah pasar tertua yang ada di Yogyakarta, dan memiliki nilai historis penting bagi Kota Yogyakarta. Pada awal pasar ini didirikan, disinilah pusat perekonomian warga Yogyakarta dan sekitarnya.

Saat ini Pasar Beringharjo sudah menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta. Letaknya dekat dengan objek wisata lain seperti taman pintar dan alun-alun utara. Pasar ini selalu ramai pengunjung dari berbagai daerah entah itu hari biasa atau hari libur. Disini Anda bisa membeli bermacam-macam barang seperti batik, barang antik, makanan khas Jogja dan lainnya.

8. Benteng Vredeburg

Selain terkenal dengan wisata alamnya, Kota Yogyakarta juga terkenal dengan wisata sejarahnya, salah satunya yaitu Benteng Vredeburg, yang masih satu lokasi dengan Pasar Beringharjo, Taman Pintar, Malioboro, dan Alun-Alun Utara. Wisata ini cocok bagi Anda yang tertarik dengan perjalanan napak tilas nenek moyang.

Untuk Anda yang tertarik mengunjungi wisata sejarah, Benteng Vredeburg bisa menjadi opsi yang bagus. Benteng ini dibangun pada tahun 1765 oleh Belanda. Satu kali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, inilah istilah yang cocok saat Anda kesini. Karena areanya dekat dengan tempat wisata lain yang menjadi ikon khas Yogyakarta.

9. Malioboro

Malioboro

Malioboro merupakan surganya pusat belanja dan oleh-oleh di kota Jogja selain itu di tempat ini merupakan tempat wisata kuliner di Jogja. Beraneka macam makanan khas Jogja tersedia lengkap di tempat ini selain itu juga banyak fasilitas tempat bermalam di daerah ini.

Malioboro merupakan pusat keramaian kota di Jogja, kawasan ini semakin malam semakin ramai dikunjungi dengan kehangatan menjadikan suasananya unik yang khas di Jogja. Tempat Malioboro juga surganya wisata kuliner di Jogja di lokasi ini kita bisa dapatkan makanan khas juga oleh-oleh dengan mudah.

10. Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka di Kota Yogyakarta ini merupakan sebuah kawasan yang sangat lengkap. Terdapat berbagai macam hewan yang menggemaskan, lucu, dan menakutkan. Ada pula atraksi hewan-hewan yang menarik untuk disaksikan untuk jam operasinal, Kebun Binatang Gembira loka buka jam 8 pagi dan akan tutup di jam 5 sore.

Untuk harga tiket masuk kawasan, kita harus membayar uang sebesar 30 ribu rupiah untuk weekday dan 35 ribu rupiah untuk weekend. Gembira loka selalu dipadati pengunjung terutama di akhir pekan dan bagus di jadikan tempat wisata anak-anak.

Objek Wisata di Gunung Kidul

11. Goa Jomblang

Goa ini berbentuk vertikal yang disebabkan karena permukaan tanah yang runtuh. Tanaman-tanaman itu tidak ikut runtuh dan malah tumbuh di dalam goa sehingga membentuk hutan yang diberi nama hutan purba.

Anda dapat mencoba suasana menyusuri goa dengan berjalan kaki menggunakan peralatan yang aman. Terdapat pula sebuah lorong yang akan menghubungkan pengunjung dengan Goa Grubuk yang disusun dengan batu, dihiasi dengan stalaktit, stalagmite, serta kristal yang membuat pengunjung merasa tidak bosan.