Taman Safari salah satunya tempat rekreasi dan pembelajaran untuk mengenali satwa di Cisarua, Bogor. Pengunjung dapat berjumpa dengan beberapa koleksi satwa, alam yang asri dan beragam sarana yang memikat, dimulai dari safari siang sampai malam.

Liburan sekalian belajar menjadi satu diantara jadwal habiskan berlibur yang membahagiakan. Terlebih bila dihabiskan sama orang tercinta, terhitung keluarga atau rekan teman. Salah satunya lokasi yang pas untuk berlibur dengan keluarga ialah Taman Safari Bogor. Untuk menelusuri tiap pojok dalam pembahasan ini.

Sekilas Tentang Taman Safari Bogor

Di Indonesia sendiri ada beberapa taman safari yang dapat didatangi, dan Taman Safari Bogor terhitung dalam kebun binatang yang besar di Indonesia. Bagaimana tidak, Anda dapat mendapati lebih dari 280 spesies. Dari semua tipe spesies, minimal ada lebih 2500 satwa yang tinggal di Taman Safari Cisarua Bogor ini.

Sudah pasti satwa yang didatangkan datang dari beragam seluruh dunia. Taman safari sendiri telah berdiri semenjak tahun 1980 dan dijadikan konservasi satwa sangat jarang. Dengan demikian, pengunjung tidak cuman dapat berhubungan dengan satwa yang ada. Tapi juga memperoleh tambahan pengetahuan berkaitan dengan komunitas beberapa satwa.

Memiliki luas area sekitar 168 hektar, kebun binatang ini juga ditumbuhi dengan berbagai tumbuhan. Membuatnya menjadi lebih asri dan tentu udaranya jauh lebih segar. Objek wisata satu ini juga selalu dipenuhi pengunjung, terutama ketika musim liburan tiba. Mengingat selain menjadi konservasi satwa, juga telah disulap sebagai wisata untuk keluarga.

Hewan yang ada memang sangat banyak, dan semua satwa tidak dibiarkan dalam satu kandang. Melainkan dibiarkan bebas berkeliaran di lingkungannya, lingkungannya sendiri dibuat sangat mirip dengan habitat aslinya. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri, karena pengunjung bisa berinteraksi lebih dengan satwa satwa yang ada.

Pengunjung akan berkeliling area taman safari dengan menggunakan bus ataupun mobil pribadi. Selain melihat dari balik kendaraan, di beberapa bagian pengunjung juga diperbolehkan untuk memberikan makan para satwa. Taman Safari Bogor sendiri termasuk bagian dari Taman Safari Indonesia yang sudah memiliki banyak cabang di Indonesia.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Safari

Daya Tarik Taman Safari

Sebagai kawasan konservasi, taman Safari Cisarua tentu terus memperindah tampilannya. Mengingat selain jadi tempat bernaungnya para satwa juga menjadi tujuan wisata yang tak pernah sepi. Tidak hanya terus berupaya untuk menambah satwa agar koleksinya makin lengkap, Anda juga bisa menjajal berbagai wahana permainan yang disediakan di tempat wisata keluarga ini.

Setidaknya ada sekitar 20 jenis wahana permainan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Dimana beberapa di antaranya memang perlu biaya tambahan. Tetapi tetap ada wahana yang sudah termasuk dengan tiket masuk Karena nantinya yang akan Anda beli adalah tiket masuk terusan, yang artinya Anda bisa masuk wisata sekaligus menikmati wahana.

Berbagai kegiatan menarik juga ditawarkan di dalam taman Safari Cisarua ini. Selain wahana, Anda juga bisa menikmati pertunjukkan satwa edukatif yang sayang untuk dilewatkan. Kebun binatang yang mengusung konsep modern ini juga sudah dilengkapi dengan taman bermain air yang menyenangkan.

Daya tarik yang dimiliki oleh taman Safari Cisarua Bogor memang tidak hanya pada satwanya saja. sehingga jika Anda menghabiskan liburan di sini, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan liburan yang menyenangkan. Bahkan beberapa waktu yang lalu, menawarkan perjalanan menjelajah safari pada malam hari yang tak kalah seru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Safari Bogor

Taman rekreasi ini berada di Jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Kota Bogor. Lokasinya terbilang strategis, dan tak hanya bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi saja. Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk tiba di taman safari satu ini. Rute menuju lokasi juga tidaklah sulit untuk dijangkau dari berbagai daerah.

Untuk Anda yang melakukan perjalanan dari Jakarta, Anda bisa menggunakan kendaraan umum berupa bus jurusan Bandung – Puncak. Nantinya ketika sudah tiba di pertigaan Taman Safari Cisarua, Anda bisa turun. Perjalanan Anda akan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum sekitar 10 menit.

Selain menggunakan bus, Anda juga bisa memanfaatkan KRL menuju Stasiun Bogor. Dari Stasiun Anda bisa berganti angkot hijau 02 untuk menuju sukasari. Dilanjutkan lagi dengan berganti angkutan biru 03 jurusan Cisarua. Dengan angkutan ini, Anda bisa turun di pertigaan Taman Safari dan berganti dengan angkutan umum untuk sampai di lokasi.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan dari Bandung, bisa menempuh rute sama jika menggunakan KRL. Selain itu juga bisa memanfaatkan bus jurusan Jakarta Puncak serta turun di pertigaan TSI. Sementara untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, dari arah Jakarta atau Bogor Anda bisa masuk ke Tol Jagorawi dengan roda empat.

Setelah itu, silahkan Anda keluar di Gadog maupun Ciawi. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju kawasan Cisarua Puncak. Sampai di Jalan raya Puncak, Anda bisa mengambil arah belok kanan untuk sampai di Jl. Taman Safari. Ikuti saja jalan yang ada, kurang lebih sekitar 2 km Anda akan menemukan tujuan Anda.

Bagi wisatawan yang melakukan perjalanan dari bandung, Anda bisa menggunakan tol Purbaleunyi. Dari tol ini, Anda pilih saja keluar di Padalarang. Setelah keluar tol, Anda bisa mengikuti Jl. Labuan Cianjur. Dari jalan ini, silahkan lurus ke arah Cisarua Puncak. Sampai akhirnya Anda menemukan pertigaan dengan tulisan TSI dan belok kiri.

Perjalanan menuju Taman Safari bogor ini memang tidaklah sulit. Anda bisa mengandalkan GPS yang terpasang di smartphone masing masing. Petunjuk jalan untuk menuju lokasi juga sudah memadai. Medan untuk menuju taman safari juga sudah memadai dan bagus, sehingga Anda tak perlu khawatir tersesat.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Taman Safari

Harga Tiket Taman Safari

Untuk Harga Tiket Masuk Taman Safari Bogor dibedakan menjadi dua, yakni safari siang dan safari malam. Selain itu, harga tiket antara wisatawan domestik dan juga mancanegara juga akan berbeda. Bagi Anda yang merupakan wisatawan lokal dan akan berkunjung saat weekday, harga tiketnya sekitar Rp 160 ribu sampai Rp 170 ribu untuk anak anak 1 sampai 5 tahun.

Sementara untuk pengunjung dewasa akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp 185 ribu sampai dengan Rp 195 ribu. Harga tiket yang dibeli secara online akan lebih terjangkau dibandingkan dengan Anda yang membelinya secara on the spot. Bagi pengunjung internasional harga tiket pada weekday berkisar Rp 350 ribu sampai Rp 400 ribu.

Harga tiket masuk tersebut juga akan mengalami kenaikan untuk akhir pekan dan juga hari libur nasional. Ada juga masa masa high season yang harganya juga akan cenderung naik. Dengan membayar sejumlah dana tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan beberapa fasilitas. Seperti masuk safari Journey, Kubah Burung, Wahana Permainan hingga Curug Jaksa.

Selain mengetahui harga tiketnya, Anda juga harus tahu jam operasional taman safari satu ini. Mengingat Anda tidak hanya bisa mengunjunginya di Siang hari, Anda juga bisa merasakan keseruan menjelajah safari pada malam hari. taman Safari Bogor sendiri akan buka setiap hari, mulai dari Senin hingga hari Minggu.

Pada hari biasa, taman safari akan buka mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.30 WIB. Sementara pada akhir pekan, akan buka lebih awal yakni pukul 08.30 WIB. Sekalipun buka lebih awal di akhir pekan, jam tutupnya akan sama saja. akan lebih baik jika Anda berangkat pagi, dengan begitu Anda tak akan melewatkan setiap sudut dari taman safari ini.