Studio Alam Gamplong sebagai arah rekreasi yang dikerjakan di tahun 2017 dan disahkan di tanggal 15 Juli 2018 oleh Pimpinan Indonesia, Joko Widodo. Rekreasi hits ini memiliki tempat selebar sekitaran 2 hektar yang sebelumnya cuman untuk maksud pembikinan film dan tembakan oleh beberapa aktris terkenal di Indonesia. Studio Alam ini dihibahkan ke Pemerintahan Kabupaten Sleman, Yogyakarta dari Bapak Mooryati Soedipyo sesudah kepentingan untuk ambil gambar film “Sultan Agung” sudah usai. Arah dari penghibahan ini untuk tingkatkan ekonomi dari masyarakat Gamplong.

Menceritakan mengenai bagaimana kondisi Indonesia Tempo Dahulu dan sering beberapa orang menyebutkan jika tempat rekreasi yang hits ini sebagai Mini Hollywood punya Yogyakarta. Lantas apa sich daya magnet dari tempat rekreasi kece ini? Sarana apa yang ada pada tempat rekreasi yang hits ini? Dan berapakah harga yang perlu dikeluarkan untuk memperoleh pengalaman yang mengagumkan? Yok baca beritanya untuk anda seorang pelancong yang ingin memperoleh pengalaman hebat.

Mengenal Bangunan Bersejarah di Jogja

Bila anda ada dalam kesusahan anda dapat minta dan sewa kontribusi dari pemandu lokal untuk menelusuri tiap bangunan yang ada dan Anda bisa tiba kapan pun ke lokasi ini. Sesudah memasui Studio Alam Gamplong ini, mata Anda akan dimanja dengan sebuah narasi novel dan set bangunan di era 16-17 yang memesona. Ada banyak set yang dapat diganti, tetapi ada pula bangunan yang bertahan lama seperti bangunan yang menjadi satu diantara merek tempat wisatanya.

Kekhasan tempat rekreasi hits ini juga bisa Anda untuk jadikan opsi tempat untuk buka jasa sewa untuk pengambilan foto bagus untuk prewedding atau aktivitas yang lain. Anda dapat konsultasi dan menanyakan langsung berkenaan ongkos fasilitas dengan pengurus di tempat.

Studio Alam ini juga menjadi salah satu sarana edukasi bagi banyak orang karena tidak setiap kota mempunyai keunikan seperti tempat wisata yang menakjubkan ini. Tempat ini dapat menjadi inspirasi dalam pembuatan film-film zaman dulu bagi para pekerja seni. Didukung dengan area yang luas dan tidak jauh dari pusat kota. Maka tidak heran banyak pula beberapa mahasiswa dari jurusan terkait sering menyewa tempat ini sebagai lokasi belajar praktik secara langsung menggunakan media wisata yang keren ini.

Dengan berbagai macam informasi mengenai gedung dan bangunan menjadi poin penting bagi pemandu wisata yang akan memberikan informasi kepada para wisatawan yang berkunjung. Lokasi ini memang sengaja dibuat dan didesain untuk memberikan salah satu pengalaman berfilm yang luar biasa. Keberadaan tempat wisata hits ini dinilai sebagai salah satu investasi jangka panjang dalam dunia entertainment Negara Indonesia.

Presiden Jokowi dalam sambutannya sangat berharap bahwa Studio Alam Gamblong dapat menjadi lokasi wisata terfavorit di Yogyakarta. Studio Alam Gamplong ramai dikunjungi oleh wisatawan sejak kegiatan peresmian itu dibuka. Apalagi setelah dilakukan shooting dan pengambilan gambar untuk film “Bumi Manusia” yang dibintangi aktor tampan Igbal Ramadhan, tempat wisata hits ini makin marak dikunjungi wisatawan. Film ini juga disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan “Bumi Manusia” ini juga mengisahkan kehidupan Bangsa Indonesia pada zaman dulu, tepatnya abad ke-20.

Daya Tarik yang Dimiliki Studio Alam Gamplong

Bangunan-bangunan era abad ke-16 yang sering menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk berfoto antara lain Benteng Zaman Belanda, Pasar Tradisional Zaman Dulu, Pendopo Joglo, dan Spot Miniatur Bangunan Tempo Dulu. Anda akan benar-benar merasakan kembali di Era Tempo Dulu dan jangan sampai Anda mati gaya ketika berfoto di tempat ini.

1. Benteng Zaman Belanda

Benteng berisikan bangunan yang memiliki pintu besar yang sangat gagah didalamnya. Terlihat pada bagian depan benteng terdapat sungai yang menjadi pembatas khas zaman dulu. Kalian bisa mengabadikan foto di depan pintu benteng ataupun jembatan. Wah! Anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa dari tempat wisata hits ini.

2. Pasar Tradisional Zaman Dulu

Pasar ini dibangun seperti pasar tradisional pada zaman dahulu. Pasar ini seperti pasar biasa yang menjual aneka sayur dan buah. Uniknya terdapat warung makan zaman dulu yang masih terbuat dari kayu. Akan akan merasa seperti belanja di masa lampau.

Daya Tarik Studio Alam Gamplong

3. Pendopo Joglo

Pendopo joglo termasuk bangunan yang luas dan besar. Untuk mencerminkan suasana zaman dulu maka di halaman pendopo terdapat beberapa meriam zaman dulu yang digunakan sebagai senjata. Selain itu, pendopo ini dikelilingi pagar yang tinggi yang memiliki gapura yang besar.

4. Spot Miniatur Bangunan Tempo Dulu

Ketika masuk ke dalam Studio Gamplong maka Anda akan disuguhi banyak miniatur bangunan yang unik dan instagramable untuk dijadikan background foto Anda tentunya. Untuk Anda yang suka berfoto ataupun berselfie maka jangan sampai Anda melewatkan setiap miniatur bangunan yang akan Anda lewati nantinya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi Studio Alam Gamplong terletak di Gamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan, Dukuh, Sumberrahayu, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rute termudah untuk menuju wisata hits ini, jika kalian dari pusat kota nol km Yogyakarta maka kalian bisa berjalan ke arah barat dengan mengikuti jalan utama.

Setelah sampai perempatan Pelemgurih kalian bisa ambil ke kanan hingga sampai ke perempatan Demakijo. Setelah sampai kalian bisa berbelok ke kiri dan mengikuti jalan Godean. Tetap ikuti jalan utama hingga sampai perempatan Moyudan. Apabila kalian sudah sampai perempatan moyudan maka ambil kekiri dan tetapi ikuti jalan utama. Ikuti sampai menemukan petunjuk arah Studio Gamplong.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Studio Alam Gamplong dibuka setiap hari mulai jam 08.00-17.00 WIB. Anda tidak dipungut biaya sama sekali untuk masuk ke dalam namun anda hanya dimintai biaya masuk secara sukarela saja.

Namun, jika ingin mendapatkan pengalaman lain seperti ingin masuk ke Kereta Tua, Museum Habibi dan Ainun, Museum Bumi dan Manusia, Galery Antiques dan Ruang Rahasia maka Anda harus mengeluarkan kocek sedikit dan jangan khawatir karna harga dari setiap tiket ini sangat murah dan terjangkau oleh kantung Anda. Berikut adalah paparan harga setiap tiket yang terdapat di Studio Alam Gamplong:

  • Museum Habibi & Ainun: Rp 5.000
  • Kereta Tua: Rp 5.000
  • Museum Bumi Manusia: Rp 10.000
  • Galery Antiques & Ruang Rahasia: Rp 10.000
  • Parkir Mobil Rp 5.000 dan Motor Rp 2.000

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Studio Alam Gamplong

Kegiatan Menarik Studio Alam Gamplong

1. Menjelajah Bangunan Semi Permanen Tempo dulu

Berbagai macam bangunan semi permanen membuat tempat ini menjadi daya tarik tersendiri. Banyak tersaji spot foto yang keren. Tempat wisata hits ini bertempat di Sleman, Yogyakarta ini merupakan sebuah destinasi wisata baru yang kini sedang berkembang dan diberi nama Studio Alam Gamplong di Sleman. Tempat ini menjadi sorotan bagi banyak orang karena dijuluki ‘Mini Hollywood’ dan hanya berjarak sekitar 16 Km dari pusat Kota Jogjakarta.

Destinasi wisata ini memiliki aturan bagi wisatawan pemburu spot foto foto. Para wisatawan yang membawa kamera kecuali kamera Hand Phone diminta untuk menemui petugas jaga yang ada di pintu masuk. Para wisatawan wajib untuk meminta tanda izin menggunakan camera pro sehingga petugas dapat memberikan tanda izin yang diberi nama Permit Card. Bila anda kedapatan tidak memiliki permit card maka Anda akan didenda Rp 500.000.

2. Dipilih Sebagai Tempat Syuting Film

Studio Alam Gamplong ini digunakan untuk tempat shooting yang di sutradarai oleh Bapak Hanung Bramantyo. Dan setelah shooting film Sultan Agung selesai, Hanung Bramantyo telah menghibahkan studio alam ini dijadikan desa obyek wisata dalam mengangkat perekonomian masyarakat setempat. Terdapat banyak spot foto yang siap memanjakan setiap wisatawan yang datang berkunjung. Bangunan dan beserta isinya tentunya akan menambah sensasi berfoto wisatawan.