Lawang Sewu jadi icon rekreasi yang memikat di Semarang dengan kekhasan sekalian narasi mistik yang terpasang dibalik keelokan bangunannya. Tertarik berkunjung museum ini?

Saat berkunjung kota Semarang, tidak komplet rasa-rasanya bila Anda tidak memijakkan kaki di bangunan monumental, Lawang Sewu. Bangunan satu ini termasuk cukuplah istimewa dan ada di pusat perkotaan Semarang. Karena itu, untuk Anda yang bertandang ke ibu-kota Jawa tengah seharusnya menyempatkan diri dan singgah sesaat untuk menyaksikan keelokan dan keelokan tempat wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Lawang Sewu

Lawang Sewu sebagai salah satunya bangunan yang sudah berdiri lama di Semarang. Untuk maknanya sendiri, rekreasi satu ini diambil berdasar Bahasa Jawa yaitu Lawang yang memiliki arti pintu dan Sewu yang mempunyai makna yakni seribu. Karena itu, jika dipadukan karena itu nama satu ini mempunyai makna bangunan yang mempunyai seribu pintu.

Apakah benar seribu pintu? Untuk Anda yang penasaran maka Anda bisa mencoba untuk menghitungnya sendiri saat berwisata ke tempat satu ini. Hal tersebut tentunya tak cukup mengherankan karena saat berada di sini, Anda akan menemukan banyak sekali pintu. Bahkan dalam satu ruangan sekalipun.

Dikatakan bahwa terdapat lebih dari 400 pintu yang ada di wisata satu ini. Oleh karena hal tersebut, orang orang di Jawa juga menyebutnya sebagai wisata Gedung Lawang Sewu. Tak hanya pintu saja, sepanjang gedung Anda juga akan menemukan banyak sekali jendela dengan ukuran yang sangat besar.

Sehingga tidak salah apabila dinamakan dengan Lawang Sewu. Apabila Anda berkunjung ke tempat satu ini, maka Anda bisa langsung melihat di dalam satu ruangan yang terdiri dari tiga pintu atau bahkan lebih. Menakjubkan bukan? Sebab, untuk ruangan satu ini saling tembus antara satu dengan yang lainnya.

Apabila Anda masih bingung, untuk lebih mudahnya Anda bisa membayangkan bahwa di dalam gedung ini akan terdapat ruangan yang tersekat sekat oleh tembok. Nah, untuk bisa sampai ke ruangan lain Anda tak perlu untuk keluar dari pintu. Sebab, Anda bisa langsung menembus ruangan selanjutnya dengan menggunakan pintu yang ada di dalam ruangan. Menarik bukan?

Hal tersebut dikarenakan terdapat pintu utama yang memiliki bentuk sejajar. Di dalam setiap ruangan tersebut nantinya akan bisa tembus dari ruang satu ke ruang lainnya. Untuk itu, pintu yang ada di dalam ruangan tersebut akan memiliki posisi yang sejajar. Pandangan pun tidak akan terhalang karena memiliki posisi yang sama.

Gedung satu ini umumnya akan lebih menunjukkan keindahan dan daya tarik yang dapat memikat wisatawan. Selain itu, meskipun gedung ini dulunya kantor namun bangunan kuno ini memiliki bentuk yang berbeda daripada kantor pada umumnya. Untuk itu, keunikan yang Anda temukan disini menjadikan wisata satu ini wajib untuk dikunjungi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Lawang Sewu

Lokasi Lawang Sewu

Untuk Anda yang ingin mengunjungi wisata satu ini, maka Anda bisa menemukannya di daerah Komplek Tugu Muda. Lebih lengkapnya yakni berada di Jalan Pemuda, Sekayu, Kota Semarang, Jawa Tengah. Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk bisa sampai ke destinasi wisata satu ini.

Hal ini dikarenakan letaknya di kota Semarang yang notabene merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah menjadikannya sebagai kota yang mudah untuk dijangkau. Transportasi umum pun tersedia dengan lengkap ketika Anda berada disini. Untuk mencapai kota Semarang, Anda bisa menempuh jalur darat yang dengan mobil, kereta api maupun bis.

Sedangkan bagi Anda yang ingin menempuh jalur udara, maka pesawat bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan. Pasalnya, di kota ini juga memiliki bandara yang bisa untuk Anda gunakan ketika mengunjungi tempat satu ini. Untuk Anda yang memutuskan menggunakan jalur kereta api, maka Anda bisa untuk turun di stasiun Semarang Tawang.

Hal ini dikarenakan jarak dari stasiun Tawang menuju ke Lawang Sewu sangatlah dekat yakni hanya 3,4 kilometer saja. Sehingga, Anda nantinya hanya akan memakan waktu kurang lebih 13 menit. Selanjutnya, Anda hanya tinggal melanjutkan perjalanan yakni menuju ke Jalan Pemuda tempat dimana wisata satu ini berada.

Namun, apabila Anda memutuskan untuk menggunakan bis ketika ingin kesini maka sebaiknya Anda turun di Terminal Terboyo. Sebab, jarak dari terminal tersebut menuju ke Lawang Sewu yakni sekitar 8 kilometer saja. Atau dengan membutuhkan estimasi waktu yakni sekitar 20 menitan saja.

Anda bisa melalui jalan Kaligawe atau pun jalan Pemuda ketika ingin berkunjung ke lokasi satu ini. Sedangkan bagi Anda yang ingin mengunjungi kota Semarang melalui jalur udara, maka Bandara Ahmad Yani memiliki jarak kurang lebih 6,2 kilometer. Sehingga, Anda pun nantinya akan membutuhkan estimasi waktu yakni sekitar 15 menitan untuk bisa sampai kesini.

Untuk bisa sampai disini Anda nantinya bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum yang tersedia di kota Semarang. Pertama, Anda bisa menggunakan bus yang memiliki tiket seharga lima ribu rupiah saja. Atau untuk Anda yang ingin kepraktisan, maka ojol atau taksi dapat menjadi kendaraan yang bisa Anda pilih.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Lawang Sewu

Bagi Anda yang sudah berencana untuk mengunjungi destinasi wisata budaya dan sejarah ini, ternyata tak perlu untuk mengeluarkan kocek yang terlalu banyak. Hal ini dikarenakan tiket masuk yang akan Anda bayarkan akan memiliki harga yang sangat terjangkau. Wisatawan hanya perlu untuk menyiapkan uang senilai 10 ribu rupiah saja.

Harga tiket masuk tersebut merupakan nominal yang perlu untuk Anda bayarkan ketika ingin memasuki gedung bagian atas. Namun, hal tersebut tentu saja berbeda ketika Anda ingin menjelajahi wisata yang lain. Sebab, jika Anda ingin masuk ke wisata bawah tanah, maka siapkan kocek sekitar 30 ribu rupiah. Nantinya Anda pun juga akan dipandu tour guide untuk menjelajah.

Selain itu, pihak pengelola juga akan menyiapkan perlengkapan lain untuk menjelajah ruang bawah tanah. Diantaranya adalah senter dan juga sepatu bot dengan harga yang sangat murah yakni mulai dari 10 ribu rupiah saja. Dengan begitu, perlengkapan tempur Anda akan terasa lengkap untuk menjelajahi ruang bawah tanah.

Sebab, ketika Anda ingin memasuki ruang bawah tanah, senter dan juga sepatu boot menjadi hal wajib yang perlu Anda gunakan. Hal ini dikarenakan pada lantai bawah tanah akan banyak sekali genangan air. Ketika memasuki ruangan ini, maka pengunjung akan disambut dengan lorong.

Untuk itu, juga diperlukan senter yang berfungsi untuk menerangi perjalanan Anda untuk menjelajahi ruangan bawah tanah. Sedangkan untuk jam buka dari wisata satu ini adalah mulai jam 7 pagi hingga pukul 9 malam. Sehingga, Anda bisa memilih kapan waktu yang tepat untuk berkunjung. Namun, untuk merasakan hal yang mencekam lebih baik datang diatas jam 5 sore.

Kegiatan yang Menarik DilLakukan di Lawang Sewu

Kegiatan di Lawang Sewu

1. Menjelajah Ruang Bawah Tanah

Kegiatan menarik yang bisa untuk Anda lakukan ketika menginjakkan kaki di Lawang Sewu adalah menjelajah ruang bawah tanah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, disini Anda bisa membayar harga tiket tambahan untuk menjelajah ruangan yang gelap. Petualangan satu ini sangat cocok bagi Anda yang pemberani.

Hal ini dikarenakan ketika Anda menjelajah ruang bawah tanah maka sudah dipastikan ruangan tersebut sangatlah gelap. Sehingga, Anda diharuskan untuk menyewa senter untuk menerangi jalan selama Anda melakukan penjelajahan. Selain itu, sepatu boot juga berguna agar celana yang Anda kenakan tidak basah akibat genangan air yang ada di basement.

Memasuki ruangan satu ini, tentu saja aura mistis yang akan Anda rasakan. Hal tersebut tentu saja tak mengherankan. Pasalnya, Lawang Sewu Basement ini merupakan penjara yang berdiri dengan panjang yakni hanya satu jengkal saja. Hal ini tentu saja cukup mengerikan bukan?

Berdasarkan rumor yang tersebar, ada banyak orang Indonesia yang dulunya meninggal di tempat tersebut. Bahkan apabila pengunjung sangat pemberani, maka wisatawan pun bisa dibuka mata batinnya dan melihat adanya aktivitas yang terjadi di dalam penjara bawah tanah yang terkenal sangat angker tersebut.