Kuntum Farmfield terhitung tempat rekreasi yang unik di Bogor, Jawa Barat dengan ide wisata, pembelajaran dan nursery. Pengunjung bisa nikmati kegiatan perternakan, seperti memberikan makan sapi, domba dan yang lain. Tidak cuma untuk berlibur, tetapi bisa juga menambahkan wacana berkaitan agrowisata.

Selainnya Bandung, Bogor jadi kota di Jawa Barat yang memikat ditelusuri. Dianugerahkan dengan alam hijau dan udara yang sejuk, membuat siapa saja kerasan lama-lama di kota hujan ini. Di Bogor Anda bisa juga mengunjung Kuntum Farmfield yang disebut tujuan pertanian yang tawarkan pembelajaran melepaskan capek. Penasaraan? Baca penjelasannya ini.

Sekilas Tentang Kuntum Farmfield

Saat berlibur sekolah datang, tujuan satu ini jadi unggulan untuk habiskan waktu berlibur. Khususnya anak anak, karena Kuntum Farmfield akan memberi selingan sekalian pembelajaran yang kemungkinan tidak didapat di sekolah. Di tujuan unggulan ini, anak anak akan dibawa untuk mengenali lebih dekat berkenaan pengetahuan perkebunan, peternakan pertanian.

Sudah pasti, tujuan satu ini akan memberi faedah double. Yaitu untuk berlibur sekalian menambahkan wacana. Memang Kuntum Farmfield masih termasuk belum terlampau akrab di kelompok pelancong. Tetapi tidak berarti tidak memikat buat didatangi. Sektor pertanian, peternakan perikanan jadi satu jadi sarana rekreasi yang membahagiakan.

Apalagi kegiatan seperti ini tentu tidak bisa dilakukan di rumah, terutama yang tinggal di kawasan perkotaan. Sebenarnya, agrowisata satu ini tidak hanya ditujukan bagi anak anak saja. Anda juga bisa mengetahui lebih dalam tentang berbagai macaman ataupun hewan. Anda bisa mendapatkan ilmu baru jika ingin membudidayakan sebagai lahan bisnis.

Suasana yang dimiliki destinasi ini juga sangat menyenangkan dan sejuk. Berbagai pepohonan rindang lengkap dengan lahan yang luas, membuat pengunjung seakan akan sedang berada di desa. Masing masingnya dibedakan menjadi zona zona yang berbeda. Menghabiskan liburan di tempat ini, dijamin akan membuat si kecil betah.

Daya Tarik yang Dimiliki Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield memang berada di lahan yang cukup luas, dengan bagian depan memiliki bangunan yang cukup besar. bangunan ini akan menjadi tempat singgah pertama bagi para pengunjung,mengingat fungsinya sebagai lobi. Di lobi ini, pengunjung akan diberikan penutup kepala yang unik. Topi layaknya petani ini bisa digunakan selama menjelajah kawasannya.

Zona yang pertama bisa dikunjungi adalah zona tanaman sayur. Berbagai jenis sayuran bisa Anda temukan di kawasan ini. Seperti misalnya wortel, kubis, jagung dan jenis sayuran lainnya. Tidak hanya menjadi tahu tanamannya, pengunjung juga bisa sekalian mengetahui cara membudidayakan sayur tersebut. mengingat saat ini sudah bisa dikembangkan dengan lahan sempit.

Anak anak tidak hanya bisa melihat berbagai tanaman sayur, tetapi juga bisa melanjutkan perjalanan menuju zona hewan ternak. Di sini, beberapa hewan peliharaan dihadirkan dan tentunya anak anak bisa berinteraksi dengan hewan yang ada. Hewan ternak tersebut terdiri dari kambing, biri biri, domba juga sapi yang dipisahkan kandang kandangnya.

Tidak ketinggalan hewan yang menjadi favorit anak anak seperti kelinci. Anak anak bisa memberikan makan pada hewan hewan yang ada. Anda juga bisa menemukan berbagai jenis unggas di zona unggasnya. Ada bebek, ayam juga angsa di kawasan ini. Beberapa dibuat seperti habitat aslinya dengan anak sungai yang membuatnya makin asri.

Selain beberapa zona tersebut, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju zona berkuda dan zona tangkap ikan. Tidak ketinggalan, si kecil juga bisa singgah di zona bercocok tanam. Untuk anak yang gemar mewarnai atau menggambar, zona kreatifitas juga hadir. Dengan banyaknya zona yang dihadirkan, tentu saja pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kuntum Farmfield

Alamat Kuntum Farmfield

Kebun yang menawarkan wisata agrowisata ini berada di Jl. Raya Tajur No. 291, Sindangrasa, Kota Bogor. Lokasinya terbilang mudah untuk diakses dan juga strategis. Bagi Anda yang memulai perjalanan dari pusat kota Bogor, Anda membutuhkan waktu sekitar 21 menit saja dengan jarak tempuh sekitar 7 km. Waktu tersebut estimasi jika jalanan lancar atau tidak macet.

Sementara bagi Anda yang berasal dari Jakarta, Anda harus menempuh perjalanan 62 km dengan waktu perkiraan 2 jam berkendara. Akan lebih menyenangkan jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Dengan begitu Anda akan lebih puas ingin berapa lama menghabiskan waktu di area wisata juga bisa lebih santai selama perjalanan.

Untuk Anda yang memulai perjalanan dari Jakarta, Anda bisa mengambil arah keluar dari tol Bogor. Setelah itu ambil belok kiri serta mengambil arah menuju Tajur. Dari sini, Anda bisa langsung mengikuti papan petunjuk yang tersedia sepanjang perjalanan menuju Tajur. Jika dalam perjalanan Anda sudah melihat banyak toko tas di kanan kiri maka sudah dekat.

Memang terdapat area yang menjadi area penjualan tas. Dari sini, perjalanan hanya sekitar 1 km untuk akhirnya Anda sampai di lokasi. Ketika menemukan papan petunjuk dengan tulisan Kuntum Nurseries, Anda bisa mengambil arah belok kiri. Selanjutnya, Anda hanya perlu untuk mengikuti petunjuk yang ada untuk tiba di lokasi.

Anda yang menggunakan jalur keluar dari Tol Jagorawi, Anda bisa langsung mengambil arah menuju jalur keluar Ciawi. Dari sini, Anda bisa mengambil belok kanan untuk menuju ke arah Bogor. Kuntum Farmfield sendiri letaknya berada di kanan jalan. Petunjuk jalan sudah lengkap, namun Anda tetap bisa memanfaatkan GPS pada mobil atau smartphone Anda.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Kuntum Farmfield

Untuk bisa menikmati dan menjelajah Kuntum Farmfield ini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Biaya tiket yang dibebankan kepada pengunjung masih terbilang ramah kantong. Harga tiket Kuntum Farmfield, ditawarkan mulai Rp 50 ribu setiap orangnya. Harga tiket tersebut berlaku ketika Anda berkunjung di hari biasa Senin hingga Jumat.

Namun jika Anda berkunjung di akhir pekan, harganya akan cenderung naik yakni sekitar Rp 60 ribu setiap orangnya. Pengunjung anak anak yang usianya di atas 2 tahun tetap akan dikenakan tiket normal. Bagi Anda yang membawa rombongan, alangkah baiknya jika melakukan reservasi terlebih dahulu pada nomor yang tercantum.

Pengunjung akan dikenakan biaya tambahan jika mencoba beberapa wahana yang ada. Untuk jam bukanya sendiri, buka setiap hari mulai dari Senin sampai Minggu. Anda bisa berkunjung pada waktu 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB setiap hari. namun di akhir tahun akan tutup lebih cepat yakni pukul 16.00 WIB. Agar lebih puas berkeliling Anda bisa datang pagi.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Kuntum Farmfield

Aktivitas di Kuntum Farmfield

1. Memanen dan Menanam Sayur

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan adalah memanen juga menanam sayuran. Di Kuntum sendiri, sayuran yang ada disini merupakan sayuran organik. Dengan menggunakan caping yang diberikan di awal masuk tadi, Anda akan merasa sedang menjadi petani sungguhan. Atmosfer yang dihadirkan memang sangat menarik dan berbeda.

Pada kegiatan menanam, Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk yang diberikan. Mengingat lahan tanam juga benihnya, dengan begitu semua bisa langsung berlatih menanam. Akan dijelaskan dengan detail bagaimana cara menanam yang tepat sesuai dengan jenis sayurnya. Sayur sayur yang telah dipanen juga bisa Anda beli dan dijadikan sebagai oleh oleh.

2. Mengikuti Permainan Menangkap Ikan

Di Kuntum, Anda juga anak anak akan ditawarkan permainan yang seru. Yakni berada di kolam yang berisi banyak ikan. Anak anak akan diberikan wadah dan diajak mencoba untuk menangkap ikan secara langsung di kolam tersebut. kegiatan ini tak hanya seru, tetapi juga membantu untuk melatih refleks juga gerak motorik anak.