Menjadi rahasia bila Bali sebagai salah satunya tujuan terpopuler dalam negeri. Bahkan juga namanya juga telah berakhir lalang di ajang internasional. Tetapi untuk anda yang ada di tanah Jawa, saat ini tak perlu jauh jauh terbang ke Bali jika ingin nikmati keelokan yang ditawari oleh pulau dewata itu.

Pasalnya sekarang ini sudah datang tujuan rekreasi baru yang memiliki nuansa seperti Bali di wilayah Cirebon. Namanya Daerah Sabin yang ada di teritori Kota Baru Keandra. Tujuan ini berbentuk kafe sekalian restaurant yang mengangkat ide unik dengan kombinasi di antara elemen kekinian dan tradisionil. Ingin tahu seperti apakah daerah unik di Cirebon ini? Yok baca pembahasan selengkapnya ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Sabin

1. Mempunyai Panorama Alam yang Menawan

Daya tarik utama yang ditawarkan oleh Kampung Sabin adalah panorama alamnya yang begitu indah dan menawan. Dibuat di atas lahan sawah yang cukup luas, cafe sekaligus restoran tersebut mempunyai pemandangan alam berupa persawahan hijau yang terlihat begitu asri.

Sejauh mata memandang, anda bisa melihat warna hijau segar di sekeliling objek wisata dengan luas sekitar 1 hektar ini. Belum lagi dengan suasana angin sepoi sepoi yang menemani selama anda berada di sana. Benar benar membuat siapapun betah untuk berlama lama berada di lokasi untuk menikmati pemandangan yang ada.

Waktu yang paling direkomendasikan untuk berkunjung ke sini yaitu saat sore hari. Karena menjelang senja, anda dapat menikmati suasana sunset di Kampung Sabin Sindangjawa yang luar biasa. Ketika berada di lokasi, anda bisa melihat bagaimana vie matahari terbenam yang tampak begitu jelas memanjakan mata.

2. Konsep dengan Nuansa Bali

Mengusung konsep dengan nuansa Bali membuat anda tidak perlu jauh jauh terbang ke pulau dewata apabila ingin menikmati pemandangan indah dari pulau seribu pura tersebut. Cukup dengan datang ke kampung kekinian yang ada di Jawa Barat, anda bisa menemukan suasana yang nyaris serupa.

Pasalnya, kampung ini dirancang dengan desain mirip seperti wisata Bali. Terlihat dari payung payung putih khas Bali yang dapat ditemukan pada ujung jembatan panjang. Sesampainya di lokasi, anda bahkan bisa menemukan payung payung putih khas tersebut menyapa indra penglihatan di antara sawah nan hijau.

Sekilas, Kampung Sabin mirip dengan wisata Pematang Johar yang ada di daerah Sumatera Utara. Di sana pun banyak kaum milenial yang berkunjung untuk sekadar berburu foto. Fenomena serupa terjadi pada wisata di Cirebon ini, dimana banyak pengunjung yang terlihat berlomba mengambil foto ciamik untuk memenuhi feed Instagram.

Daya Tarik Kampung Sabin

3. Banyak Spot Foto Instagramable

Dirancang dengan desain yang unik ditambah sentuhan konsep bernuansa Bali, tidak heran apabila anda dapat menemukan banyak spot foto Instagramable di Kampung Sabin. Bahkan bisa dibilang bahwa setiap sudut di lokasi ini dapat dijadikan sebagai spot foto Instagramable. Tanpa perlu melakukan edit foto kembali, anda sudah bisa membagikannya ke linimasa.

Pasalnya keindahan alam yang ada di sekitar bahkan sangat mendukung untuk menciptakan sebuah potret yang cantik. Jika cuaca sedang cerah, anda bisa melihat secara langsung kegagahan Gunung Ciremai yang menjulang tinggi. Sehingga dapat menjadikannya sebagai latar belakang foto.

Belum lagi dengan tambahan dekorasi cantik yang menghiasi area wisata. Seperti lampu lampu bohlam di setiap tepi jembatan yang mulai bersinar gemerlap menjelang malam. Ditambah dengan bintang bintang di langit yang mulai bermunculan, menjadikannya sebagai perpaduan menawan yang membuat suasana di lokasi menjadi lebih romantis.

4. Suasana yang Tenang

Selain memiliki suasana alam yang mempesona layaknya sedang berada di Ubud, Bali, anda yang mencari ketenangan juga sangat direkomendasikan untuk datang ke sini. Pasalnya lokasinya yang berada di persawahan, membuat anda bisa sejenak terlepas dari hiruk pikuk perkotaan yang penuh dengan kemacetan dan suara bising.

Digantikan dengan suasana alam yang masih alami dan asri, anda bisa menenangkan diri ketika bertandang ke Kampung Sabin. Meskipun pada saat saat tertentu lokasi wisata juga dipadati oleh pengunjung, namun suasana yang terbangun di area wisata memang tetap cocok untuk anda yang ingin melepas penat dari aktivitas sehari hari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Kampung Sabin Cirebon berada di daerah Kota Baru Keandra, tepatnya di Jalan Nyi Ageng Serang, Sindangjawa, Kecamatan Dukupuntang. Dari pusat Kota Cirebon sendiri, mungkin hanya berjarak sekitar 14 kilometer saja. Kurang lebih anda membutuhkan waktu 32 menit perjalanan apabila ingin mencapai objek wisata.

Aksesnya tergolong cukup mudah untuk dijangkau, mengingat jaraknya yang tidak begitu jauh dari pusat kota. Sehingga anda pun bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun memanfaatkan transportasi publik untuk sampai ke lokasi kampung ini. Namun sepertinya tetap belum ada angkutan umum yang memang benar benar berhenti tepat di depan jalan masuknya.

Untuk rute dari Kota Cirebon, anda bisa melewati Jalan Kesambi menuju Jalan Kalitanjung lalu dilanjutkan ke Jalan Pangeran Cakrabuana. Selanjutnya bisa mengarahkan kendaraan ke Jalan Raya Sumber, Jalan Raya Dewi Sartika, Sindangjawa, kemudian sampai di Kampung Sabin. Jika kebingungan, anda bisa bertanya ke warga lokal yang melintas karena wisata ini sudah cukup populer.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Apabila anda tertarik mengunjungi Kampung Sabin, cafe bernuansa Bali ini beroperasi mulai pukul 10.00 sampai dengan 22.00 WIB setiap harinya. Dimana jam operasional tersebut tidak berbeda baik hari biasa maupun akhir pekan atau hari libur. Jadi anda bisa selalu datang kapan saja selama jam bukanya.

Untuk harga tiketnya memang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 20.000 pada hari biasa dan kurang lebih Rp. 30.000 pada akhir pekan dan hari libur. Namun HTM tersebut belum termasuk dengan makan atau minum selama berada di lokasi. Jadi pastikan membawa dana lebih, mengingat bahwa objek wisata ini termasuk area cafe dan restoran di dalamnya.

Jika anda ingin melakukan reservasi dinner, bisa menyiapkan dana sekitar Rp. 300.000 untuk penyajian lengkap. Akan tetapi, tentunya semua harga yang tercantum bisa berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sesuai kebijakan pengelola wisata. Jadi anda bisa menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu sebelum berangkat jika ingin mengetahui harga terupdate.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kampung Sabin

Daya Tarik Kampung Sabin

1. Candle Light Dinner

Bagi anda yang ingin menciptakan momen berkesan dengan pasangan tercinta, jangan lewatkan kegiatan candle light dinner di Kampung Sabin. Dimana setiap harinya, pengelola wisata sendiri menyediakan sekitar 50 slot saja bagi pasangan yang ingin makan malam romantis di tengah sawah.

Jadi jangan lupa untuk menghubungi pengelola wisata dan melakukan reservasi terlebih dahulu apabila ingin menikmati kegiatan makan malam romantis tersebut. Tentunya pengalaman seperti ini akan menjadi momen berkesan yang tidak terlupakan bagi setiap pasangan, sehingga dapat mempererat hubungan di antara anda dan orang tercinta.

2. Berburu Foto Ciamik

Dengan pemandangan alam yang begitu menawan, ditambah desainnya yang dirancang sedemikian rupa, tentunya Kampung Sabin adalah tempat yang tepat untuk berburu foto ciamik. Setiap sudut yang ada di tempat wisata kuliner ini bahkan bisa dijadikan sebagai objek foto Instagramable.

Terlebih ketika anda datang ke sini saat cuaca sedang cerah. Birunya latar belakang langit dan hijaunya sawah menciptakan perpaduan apik yang begitu mempesona. Selain itu, payung payung putih khas Bali yang ditempatkan di sisi jembatan kayu juga berhasil menampilkan kesan yang menawan sebagai objek foto.